Oleh: maulana's blog | Februari 18, 2012

Belajar Bahasa Arab (Qowaid Nahwiyah)

JUMLAH MUFIDAH

Contoh :
(1) البُسْتَانُ جَمِيْلٌ (4) قَطَفَ مُحَمَّدٌ زَهْرَةً
(2) الشَمْسُ طَالِعَةٌ (5) يَعِيْسُ السَّمَكُ فِي المَاءِ
(3) شَمَّ عَلِىٌّ وَرْدَةً (6) يَكْثُرُ النَّخِيْلُ فِي مِصْرَ

Penjelasan :
Apabila kita lihat pada tarkib atau susunan kalimat yang pertama, kita akan temukan kalimat yang terdiri dari dua kalimat, yang pertama البُسْتَانُ dan yang kedua جَمِيْلٌ. Maka apabila kita ambil kalimat yang pertama saja yaitu البُسْتَانُ maka kita belum bisa memahami maksud dari kalimat tersebut dan hanya memahami artinya saja. Begitu juga tentang Hal/Sifat apabila kita hanya mengambil kalimat yang kedua saja yaitu جَمِيْلٌ . Tetapi akan berbeda apabila kita menyatukan kedua kalimat tersebut dalam tartib kaedah nahwu, maka kita baca البُسْتَانُ جَمِيْلٌ maka kita bisa memahami maksud dari kalimat tersebut dengan meggunakan kaedah nahwu yang benar yaitu menyatukan antara البُسْتَانُ dengan جَمِيْلٌ maka kalimta ini disebut “التركيب جملة مفيدة” . Dan setiap satu dan lainya dalam dua kalimat saling memahami antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainya.
Dan dengan ini kita dapat melihat apabila suatu kalimat jika sendirian saja tidak cukup atau kurang bisa dipahami dalam suatu percakapan. Maka dar itu sebuah kalimat harus terdiri dari kalimat atau lebih sampai bisa dipahami dalam sebuah perakapan.
Berbeda kalau misalkan itu merupakan fi’lul amri seperti : قُمْ, اِجْلِسْ , تَكَلَّمْ terlihat jelas bahwasanya suatu kalimat yang cukup dipahami dengan satu kalimat dalam pembicaraan. Bahwa sesungguhnya ia bukanlah satu kalimat saja tetapi ia merupakan suatu kalimat yanng terdiri dari dua kalimat, yang satunya terucap jelas قُمْ, اِجْلِسْ , تَكَلَّمْ dan kalimat yang satunya lagi tidak terucap jelas yaitu أنتَ yang bisa dipahami oleh yang mendengarnya walau tidak di sebut kalimat أنتَ.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: